Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkung Khas Lombok

By  | 
Sekarang di seantero Nusantara sudah banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas Lombok ini. Ayam taliwang yang menggunkan ayam kampung sebagai bahan bakunya ini disantap bersama dengan plecing kangkung.

Kangkung yang digunakan untuk membuat plecing juga khusus. Menggunakan kangkung Lombok yang akan tetap berwarna hijau meski direbus hingga matang. Kangkung jenis ini hanya ada di Lombok.

Rasa nikmat dari ayam bakar taliwang dan plecing kangkung itu membuat para wisatawan ketagihan. Jadi mereka sering mencari makanan khas Lombok ini di berbagai tempat makan atau langsung menuju Lombok.

Kalau kamu penasaran, bisa kok masak sendiri makanan khas Lombok ini di rumah. Berikut ini resep istimewa ayam bakar taliwang dan plecing kangkung.

Ayam taliwang khas Lombok yang dibuat menggunakan ayam kampung ini dimasak hingga bumbunya meresap dan membuat rasa ayam menjadi lebih nikmat saat disantap.

Bahan:
1 ekor ayam kampung muda ukuran kecil
200 ml air bersih
2 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
3 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
10 buah bawang merah
4 siung bawang putih
8 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
1 buah tomat
3 cm kencur
1 sdt terasi
1 sdm garam

Cara membuat:
Pertama belah dada ayam tapi jangan sampai putus, lalu tekan hingga ayam melebar. Kemudian lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 10 menit.

Siapkan penggorengan dan panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu masukkan ayam yang sudah di bumbui tadi ke dalam tumisan bumbu.

Bolak-balik ayam hingga berubah warna. Kemudian masukkan air ke dalam penggorengan dan masak dengan api kecil sampai bumbu meresap.

Terakhir, bakar ayam yang telah dimasak tadi di atas bara api atau dipanggang di atas penggorengan anti lengket hingga kecoklatan.

Ayam bakar taliwang yang menggoda pun siap disajikan.

Plecing kangkung :
Kangkung Lombok yang terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, fosfor, zat besi, karoten, kalsium, sitosterol, dan hentriakontan itu dapat menjaga kesehatan serta mampu digunakan sebagai anti racun.

Bahan-bahan:
1 ikat kangkung, biarkan utuh panjang-panjang
1 ons tauge panjang
1 buah jeruk limau
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
Bahan sambal:

6 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit
2 siung bawang putih
6 butir bawang merah
2 cm kencur
1 buah tomat merah
1 sdt terasi bakar
250 ml air

Cara membuat:
Didihkan air yang telah diberi tambahan garam, kemudian masukkan kangkung dan masak hingga layu. Angkat dan tiriskan kangkung kemudian siram dengan air es.

Lalu siapkan wadah yang telah diisi dengan air panas, blanching tauge hingga menjadi layu. Kemudian tiriskan.

Sambal, haluskan terlebih dahulu semua bahan hingga menjadi halus. Lalu tumis bumbu sambal itu hingga menjadi harum, masukkan garam, gula pasir dan air jeruk limau. Aduk rata.

Tambahkan air ke dalam bumbu sambal, lalu masak hingga bumbu sambal meresap.
Terakhir, sajikan kangkung rebus dan tauge dengan disira menggunakan bumbu sambal yang telah matang.

Plecing kangkung khas Lombok yang nikmat pun siap untuk disantap. [resep]

sumber : www.geraiberita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *