Berita NTB

Gempa 5,6 Skala Richter Rusak Ratusan Rumah di Dompu

By  | 
Ratusan rumah warga di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter yang terjadi pada Senin 1 Agustus, pukul 06.04 WITA.

kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum, seperti dikutip dari Antara mengatakan ada ratusan rumah rusak akibat gempa tersebut.

“Dari laporan sementara yang saya terima dari Camat Pekat, ada ratusan rumah rusak berat, sedang dan ringan, namun tidak ada korban jiwa,” Ungkapnya

Ratusan rumah yang rusak itu tersebar di Desa Calabai yakni tujuh rumah rusak berat dan 16 unit rusak ringan, di Desa Karombo tujuh rumah rusak berat dan 20 rumah rusak ringan, di Desa Kadindi Barat enam rumah rusak berat dan 40 unit rusak ringan.

Selain itu, di Desa Nangamero sebanyak empat rumah rusak berat dan lima rusak ringan, di Desa Kadindi Atas empat rumah rusak berat dan 15 rusak ringan, Desa Pancasila tiga rusak berat dan 11 rusak ringan, dan di Desa Sorinongo ada 9 rumah rusak berat.

Menurut Rum, Kecamatan Pekat dan Kecamatan Tambora merupakan daerah yang paling dekat dengan pusat gempa. Namun belum ada laporan adanya kerusakan bangunan di Kecamatan Tambora.

“Dari laporan sementara Kapolsek Tambora, belum ada informasi rumah warga yang rusak akibat gempa bumi tersebut,” ujar dia.

Dia mengatakan, anggota Kepolisian Sektor Pekat dan TNI Angkatan Darat dari Komando Rayon Militer Pekat serta petugas medis dari Puskesmas Pekat saat ini sedang bergotong royong menolong korban. Mereka juga mulai membersihkan puing bangunan yang rusak bersama masyarakat setempat.

Sementara, BPBD Kabupaten Dompu dan satuan kerja perangkat daerah sudah bergerak dari kota menuju Kecamatan Pekat yang dekat dengan Gunung Tambora. BPBD Provinsi NTB juga sudah mengirimkan satu truk berisi makanan siap saji dan selimut serta keperluan lain bagi korban. Para korban yang rumahnya rusak berat akan diungsikan.

sumber : tamborakita.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz