Berita Terkini

Kebijakan Sekolah Gratis akan Ditinjau Ulang oleh Mendikbud

By  | 
Jakarta.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan meninjau ulang kebijakan sekolah gratis. Mendikbud beralasan bahwa kebijakan ini sering kali menghambat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lembaga pendidikan.

“Sekolah gratis bukan berarti mematikan partisipasi masyarakat,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy setelah bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (8/8/2016) sebagaimana dilansir republika.co.id

Untuk itu, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jawa Timur itu akan membuka partisipasi masyarakat di sekolah dan memperkuat lembaga yang ada di Sekolah.

“Biar nanti masyarakat yang menentukan sendiri, terutama lembaga seperti komite sekolah akan kami perkuat lagi,” tegasnya.

Pihaknya juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang mampu secara ekonomi untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengelolaan lembaga pendidikan.

Pada pertemuan dengan Wapres JK tersebut, Mendikbud juga menyampaikan gagasannya terkait program sekolah sehari penuh..

“Saya sudah konsultasi ke Beliau (Wapres JK) dan Beliau menyarankan ada semacam pilot project dulu untuk ngetes pasar dulu,” ujar Muhadjir. Dikutip dari detikcom

Penerapan program belajar di sekolah sehari penuh, menurut Muhadjir, sudah dipraktikan sekolah swasta. Karena itu Kemendikbud akan melakukan kajian sebelum program belajar tersebut diterapkan.

“Jadi kalau FDS (full day school) itu waktu sehari penuh itu kan nanti bisa menerjemahkan lebih lanjut dari program nawacita dari Beliau (Jokowi-JK) yang dimana pendidikan dasar SD dan SMP itu pendidikan karakter lebih banyak dibanding knowledge basenya dan banyak waktu memberikan kesempatan guru mendidik anaknya menanamkan pada siswanya karakter yang ada dalam nawacita itu,” sambung dia.

Bila program ini diterapkan, maka para siswa akan mendapatkan dua hari libur pada Sabtu dan Minggu. “Ini tentatif, masih gagasan,” sebutnya. (SaBah/dakwatuna(

sumber : dakwatuna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *