Berita Terkini

Pengembang Menanti Peraturan Menteri Keuangan tentang Aliran Dana Repatriasi ke Properti

By  | 
Pengampunan pajak atau tax amnesty sangat didukung oleh kalangan pengembang karena dana yang didapat dari perlakuan istimewa ini bisa membantu memulihkan pasar properti yang melambat.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) Eddy Hussy. Ia bahkan mengharapkan dana repatriasi dari tax amnesty bisa dialirkan ke sektor properti melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Kami sudah bicara dengan Kemenkeu (Kementerian Keuangan), di mana tax amnesty diperbolehkan ke sektor properti. Nanti akan disusun PMK-nya,” ujar Eddy, di Jakarta, Minggu (7/8/2016).

Untuk menyesuaikan ketentuan tersebut, kata dia, perlu menghadirkan sejumlah pihak antara lain notaris dan bank.

Pihak bank sendiri yang paling mungkin untuk melaksanakan ketentuan tersebut adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Jika PMK terbit, dana repatriasi atau dana pengembalian akan masuk sektor properti. Mekanismenya, saat dana repatriasi masuk ke bank, si pemilik dana boleh membeli properti yang diawasi oleh bank, sebagai gateway.

“Nanti dana ini bisa digunakan untuk membeli properti, dan dikembalikan di bank rekening khusus, bank persepsinya,” jelas Eddy.

sumber : properti.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *