Berita Nasional

Abu Vulkanik Gunung Rinjani Paksa Pembatalan Penerbangan ke Bali

By  | 
Maskapai Jetstar dan Virgin membatalkan layanan penenrbangan mereka setelah adanya peringatan aktivitas abu vulkanik (Foto: Sydney Morning Herald)

Maskapai Jetstar dan Virgin membatalkan layanan penenrbangan mereka, Selasa (27/9), setelah adanya peringatan aktivitas abu vulkanik (Foto: Sydney Morning Herald)

NTB Times, Bali – Aktivitas abu vulkanik akibat letusan Gunung Barujari anak Gunung Rinjani kembali memaksa pembatalan penerbangan ke dan dari Bandara Denpasar Bali.

 

Maskapai Tigerair Australia dan Jetstar telah mengkonfirmasi pembatalan sejumlah penerbangan mereka.

Tigerair Australia mengatakan jadwal penerbangan Selasa (27/9) malam dari Perth, Australia, ke Bali, Indonesia, dan penerbangan Rabu (28/9) pagi dari Bali ke Melbourne tidak akan beroperasi karena aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani.

“Saran dari tim ahli meteorologi dan Volcanic Ash Advisory Centre bahwa kondisi tidak cocok untuk penerbangan ke dan dari Bandara Denpasar,” kata Tigerair dalam sebuah pernyataan yang dikutip NTB Times dari ABC News.

Dikatakan pembaharuan informasi akan diberikan pukul 10:30 pada hari Rabu, dan para penumpang yang menggunakan semua layanan Tigerair Australia ke Bali, selain dua penerbangan yang terkena dampak, harus melakukan check-in seperti biasa.

Sementara pihak Jetstar mengatakan telah membatalkan tiga penerbangan dari Australia ke Bali dan empat penerbangan dari Bali ke Australia, dan akan memberikan setiap perkembangan informasi terbaru kepada para penumpang mereka melalui pean singkat (SMS) dan email.

Maskapai ini mengungkapkan akan menilai kembali situasi pada Rabu (28/9) dan akan mengambil keputusan setelah berkonsultasi dengan para pilot dan badan meteorologi.
“Kami akan selalu menempatkan keselamatan daripada jadwal dan akan mulai terbang ketika sudah aman untuk melakukannya,” kata Jetstar dalam sebuah pernyataan.

Pihak Bandara Perth di Australia juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka sedang memantau pergerakan abu vulkanik di seluruh Indonesia.

Gunung Barujari anak Gunung Rinjani yang terletak di Kabupaten Lombok Timur kembali meletus pada Selasa (27/9) pukul 14.45 Wita.

Aktivitas vulkanik Gunung Barujari cukup meningkat dengan amplitudo sebesar 52 milimeter dan meletus melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari puncak Gunung Barujari. Abu condong ke arah Barat Daya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *