Berita NTB

Berusaha Gaet Turis Timur Tengah, Lombok Akan Jadi Tuan Rumah IHTF 2016

By  | 

ntb-times-com-berusaha-gaet

NTB Times, Mataram – Promosi wisata halal terus digemborkan oleh Pemprov NTB. Melalui International Halal Travel Fair (IHTF) 2016 diharapkan ada peningkatan jumlah turis muslim.

Selain pameran halal, rangkaian pameran ini terdapat Rakernas ASITA (Association of the Indonesian Tours Travel Agent). Kata Kadisbudpar NTB Lalu M Faozal, sebanyak 30 pembeli dari travel asing siap mengahdiri acara ini.

“International Halal Travel Fair akan dihadiri sebanyak 30 buyers. Malaysia ada 14, Singapura ada 3, India ada 2, Jakarta ada 6, dan middle east 5,” jelas Faozal saat temu wartawan di kantornya, Jalan Langko, Kota Mataram, Senin (19/9/2016).

“Selain itu ada perwakilan dari DPP ASITA juga peninjau sebanyak 250 orang. Bertindak selaku buyers IHTF juga,” imbuhnya.

Selain pelaksanaan ekspo destinasi halal Lombok, akan ada pula pameran produk hasil ekonomi kreatif dalam kegiatan ini. Sosialisasi Perda Halal juga digalakkan kepada para pelaku industri hotel dan restoran.

“Tanggal 21-22 September di Hotel Lombok Raya akan ada sosialisasi Perda No 2 tahun 2016 tentang pariwisata halal dan diikuti 100 GM hotel se-NTB. Kegiatan itu dalam rangka percepatan implementasi produk halal,” jelas Faozal.

IHTF yang akan dilaksanakan NTB ini diklaim acara pertama di Indonesia. Negara Malaysia disebut Faozal telah menjadi pemain lama dalam pelaksanaan ini.

“Malaysia akan kita gandeng. Kita adakan acara ini untuk memancing kedatangan turis dari Timur Tengah. Target transaksi dari kegiatan ini Rp 11 M,” kata Faozal.

Untuk diketahui, halal travel fair merupakan penguatan branding halal di NTB. Acara ini merupakan pertemuan para pelaku industri pariwisata dari dalam dan luar negeri.

Bentuk pelaksanannya adalah ‘table top’ pertemuan seller dan buyer. Penjualan paket tour akan bernuansa halal. Akan ada pemaparan dimana sajakah hotel berstandar halal.

Hal itu berbekal dari penghargaan halal yang diterima Lombok. Branding Lombok sebagai destinasi halal telah banyak mencuri perhatian dan ampuh mendatangkan turis, karena tidak ada keraguan bagi turis untuk menikmati hidangan sebagai contohnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Afan Ahmad selaku plt kepala BPPD NTB. Bersama Disbudpar, lembaga ini adalah ujung tombak promotor wisata dari pemerintah.(Hafiz)

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz