Berita Terkini

Dahsyatnya IKM Lombok

By  | 

ntb-times-com-dahsyatnya

NTB Times, MATARAM—Berlakunya pasar bebas di kawasan Asean yang dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) hendaknya disambut dengan kesiapan yang baik dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Salah satu yang perlu diperhatikan adalah masalah kualitas produk, dan kepastian produksi dari IKM.

Berbicara mengenai pemasaran UKM, menurut salah satu penelitian pada perguruan tinggi di Inggris ternyata pemasaran UKM cenderung terjadi secara spontan, apa adanya dan tidak terarah. Salah satu alasannya adalah karena model perencanaan strategi pemasaran UKM adalah lebih fleksibel dan tidak terlalu pusing dengan perencanaan yang berbelit-belit (Parrot, 2010).

Banyak para pebisnis sukses yang mengatakan bahwa salah satu kunci sukses suatu bisnis terletak pada penjualan, dan kunci sukses mendapatkan penjualan sesuai harapan terletak pada pemasaran. Oleh sebab itu, apabila Anda baru memulai bisnis tentunya Anda membutuhkan strategi pemasaran bisnis yang paling jitu untuk mendapatkan penjualan dan dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Dalam berbisnis, pemasaranlah yang menjadi ujung tombak. Tanpa menjalankan strategi pemasaran yang bagus, bisnis akan sulit untuk berkembang dengan baik. Sebaik apapun kualitas produk Anda, namun jika tidak dibarengi dengan kemampuan untuk memasarkannya secara efektif maka bisnis yang Anda jalankan hanya akan jalan di tempat.

Keberadaan IKM, ternyata berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga perlu diberikan dukungan oleh pemerintah, baik berupa pelatihan, fasilitas maupun pendampingan agar hasil produksi lebih berkualitas dan dapat bersaing.

Dahsyatnya  IKM, ternyata harus diimbangi dengan berusaha memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen. ketika konsumen memesan dalam jumlah besar dan secara berkesinambungan, maka pelaku IKM di NTB belum sanggup. “Inilah yang jadi tantangan dari pelaku IKM di NTB. Karena itu penulis menghimbau agar Disperindag harus memperbanyak pendampingan manajemen IKM, di Lombok.(Hisyam)

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz