Berita Nasional

Keberadaan Wisata Halal Di Lombok, Indonesia Tebar Pesona di Dunia

By  | 

ntb-times-com-keberadaan-wisata

NTB Times, Jakarta- Apresiasi kepada Kementerian Pariwisata yang menetapkan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagai pilot project wisata halal di Indonesia ternyata menghasilkan sesuatu yang membanggakan. Belum genap dua tahun program wisata halal Lombok berjalan, Lombok menuai prestasi yang membanggakan di tingkat internasional.

Pada 21 Oktober 2015, Lombok meraih penghargaan sebagai World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination ajang The World Halal Travel Summit and Exhibition Award 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Dilaporkan Antara, dalam ajang itu Indonesia mendapat penghargaan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination (Lombok), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World’s Best Family Friendly Hotel (Sofyan Hotel). Indonesia bersaing ketat dengan Malaysia dan Turki untuk merebut predikat sebagai destinasi wisata halal tingkat dunia dalam World Halal Tourism Awards2015.

World Halal Travel Summit and Exhibition secara eksklusif dibentuk dan diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Budaya Abu Dhabi. Indonesia masuk nominasi penerima penghargaan kategori World’s Best Halal Honeymoon (Pulau Lombok) bersama Abu Dhabi di UEA, Antalya di Turki, Krabi di Thailand, dan Kuala Lumpur di Malaysia.

Selain itu Lombok juga masuk dalam kategori World’s Best Halal Tourism Destination bersaing dengan Abu Dhabi, Amman (Jordan), Antalya (Turki), Kairo (Mesir), Doha (Qatar), Istanbul (Turki), Kuala Lumpur (Malaysia), Marrakech (Maroko) dan Teheran (Iran).

Dalam kategori World’s Best Halal Culinary Destination, Indonesia bersaing dengan Iran, Jordania, Malaysia, Maroko, Turki dan Uni Emirat Arab.

Empat gelar terbaik direbut NTB dari kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Terbaik.

Keberadaan wisata halal di Lombok menjadikan Indonesia  semakin mendunia dan bahkan mungkin bisa menjadi destinasi wisata halal (halal tourism) yang paling unggul di dunia. penulis optimis karena adanya keberagaman destinasi dan kekayaan budaya Nusantara,  merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain.(Hisyam)

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz