Berita

Pariwisata Di Sumbawa Akan Semakin Mendunia

By  | 

 

ntb-times-com-pariwisata

NTB TIMES, SUMBAWA – Salah satu kawasan pariwisata yang terkenal di Sumbawa adalah Teluk Saleh. tempat ini pernah memegang peran vital dalam sektor perdagangan. Perairan yang luasnya dua kali Jakarta ini  menghubungkan kerajaan-kerajaan di bagian barat dan timur Sumbawa. Untuk menyambangi kedua wilayah itu, lebih praktis menaiki perahu ketimbang mengitarinya lewat darat. Pesisir yang membingkai teluk memiliki panjang hampir 300 kilometer.

Belanda mendarat di Sumbawa pada abad ke-17. Penjajah datang karena tergoda kekayaan alam pulau yang melegenda. J.D. Schelle dan J.H. Tobias, dua pejabat VOC, menggambarkannya penuh nada takjub: “Beras, kacang-kacangan, dan jagung berlimpah. Hutan menyediakan malam (wax) dan kayu berkualitas prima, terutama secang, yang kualitasnya tak ada duanya di seantero negeri kepulauan ini.” Di masa itu pula, kuda Sumbawa tersohor. Schelle dan Tobias kembali menulis: “Siapa yang tak pernah mendengar kuda-kuda hebat dari pulau ini, yang kualitasnya tak tertandingi?” Pamor Sumbawa, setidaknya dulu, melampaui bukit-bukit yang mengukir tanahnya.

Jika kita belajar dari sejarah ternyata Teluk Saleh memiliki potensi yang  besar untuk dijadikan kawasan pariwisata yang apabila tata kelola kawasan ini, dilakukan secara baik. Semoga pemangku jabatan di NTB, Khususnya di Sumbawa bisa memanfaatkan potensi besar tersebut menjadi sebuah kawasan yang mendunia.(Hisyam)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *