Berita Nasional

Pemerintah Ajukan Rinjani sebagai Taman Bumi Global UNESCO

By  | 
Taman Bumi Rinjani dinilai sudah layak mendapat status sebagai Taman Bumi Global UNESCO (Foto: Trekkingrinjani.com)

Taman Bumi Rinjani dinilai sudah layak mendapat status sebagai Taman Bumi Global UNESCO (Foto: Trekkingrinjani.com)

NTB Times, Lombok – Pemerintah Indonesia mengajukan Taman Bumi Nasional Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi Taman Bumi Global UNESCO.

Seperti dikutip NTB Times dari BBC Indonesia, Rabu (28/9), upaya ini dilakukan delegasi Indonesia yang menghadiri konferensi UNESCO di Torquay, Inggris, 27-30 September 2016 waktu setempat.

Deputi Menteri Koordinator Kemaritiman, Safri Burhanuddin, yang juga salah satu anggota delegasi Indonesia, mengatakan dokumen sudah dimasukkan dan tim UNESCO juga sudah melakukan kunjungan.

“Diharapkan selama konferensi kami sudah tahu hasilnya apakah Rinjani masuk ke daftar UNESCO, kalau tidak mungkin awal tahun depan sudah ada kepastiannya,” kata Safri.

Selain Rinjani, Indonesia memamerkan beberapa taman Bumi atau geopark, di antaranya Taman Bumi Ciletuh-Pelabuhan Ratu, Toba, Merangin, Maros-Pangkep, dan Raja Ampat.

Dari beberapa yang dipamerkan di ajang konferensi, Rinjani yang dinilai paling siap untuk naik kelas dari Taman Bumi Nasional menjadi Taman Bumi Global.

Safri menjelaskan ada tiga komponen yang menjadi penilaian UNESCO, yaitu keberagaman geologis, keberagaman flora dan fauna, dan keberagaman budaya.

Ketiga komponen ini secara berkala terus dievaluasi dan jika dinyatakan mengalami penurunan, UNESCO akan menurunkan status dari Taman Bumi Global kembali menjadi Taman Bumi Nasional.

Salah satu keuntungan dari peningkatan status adalah angka kunjungan wisatawan yang akan naik pesat.

“Misalnya Taman Bumi Sewu. Setelah masuk daftar UNESCO angka kunjungan naik menjadi 1000%,” kata Safri.

Ia menjelaskan masuk ke daftar UNESCO ibarat promosi cuma-cuma secara global dan dari sini publik juga mendapatkan jaminan bahwa taman tersebut memang layak dikunjungi.

Indonesia sudah memiliki dua taman Bumi yang berstatus Taman Bumi Global, yaitu Taman Bumi Batur di Bali dan Taman Bumi Sewu di Jawa Tengah.

Setelah Rinjani, Toba yang akan menjadi fokus berikutnya untuk dinaikkan statusnya menjadi Taman Bumi global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *