Berita Terkini

Ayo Kita Genjot Terus Pariwisata Di NTB

By  | 

ntb-times-com-ayo-kita

NTB Times, Lombok – Pariwisata NTB kini telah mulai dikenal masyarakat dunia. Sangat disayangkan jika pariwisata kita yang telah dikenal luas, tapi dinahkodai oleh sosok yang tidak paham akan perkembangan dunia pariwisata. pariwisata bukanlah sektor yang berdiri sendiri, melainkan berada satu rangkaian dengan sektor lain.

Inti dari industri pariwisata adalah kreativitas. Tanpa kreativitas maka pariwisata tidak akan bisa berjalan. dengan adanya kreativitas maka pariwisata akan menggerakkan industri-industri lain sebagai pendukungnya. Komponen utama industri pariwisata adalah daya tarik wisata berupa destinasi dan atraksi wisata, perhotelan, restoran, transportasi lokal, perdagangan dan cindera mata.

Adapun komponen yang meliputi pariwisata adalah  industri-industri dalam bidang transportasi, makanan dan minuman, perbankan, atau bahkan manufaktur. di NTB industri pariwisata  menjadi salah satu penggerak ekonomi utama setelah pertanian.

Untuk terus menjadikan pariwisata sebagai penggerak ekonomi utama, NTB  harus menciptakan  diferensiasi, baik dalam hal branding, produk olahan seperti oleh-oleh, dan kerajinan. Diferensiasi yang dibangun bukan saja sebagai pembeda dari negara lain, namun juga antara daerah di NTB haruslah memiliki nilai jual branding yang unik, berdasarkan nilai budaya dan kearifan lokal yang ada.(Hisyam)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *