Daerah

POS UKK SAHABAT PEKERJA, Inovasi Terdepan Pelayanan Kesehatan

By  | 

Jajaran Dinas kesehatan Kab. Sumbawa bersama Petani Moyo Hilir serta Perwakilan PT Corteva Agrisciences

 NTB Times, Moyo Hilir-  Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa melaunching Program Inovasi Daerah di Bidang Kesehatan yaitu POS UKK SAHABAT PEKERJA  (Pos Usaha Kesehatan Kerja Sahabat Pekerja) di Kecamatan Moyo Hilir, selasa 30 April 2019 bertempat di lokasi persawahan Desa Serading.

POS UKK SAHABAT PEKERJA sendiri telah ditetapkan sebagai Program Inovasi Bidang Kesehatan dan telah mewakili Kab Sumbawa pada Rakerkesda Prov NTB di Mataram bersama Menteri Kesehatan RI beberapa bulan lalu. Menurut Prischa, selaku inovator, program ini telah berjalan cukup lama dan terus berupaya untuk ditingkatkan, baik dari segi teknis pelayanan kepada petani maupun dari manajemen pelaksanaan inovasi.

Lebih lanjut, Kepala UPT Puskesmas Moyo Hilir, Abdul Hamid, SE. menyampaikan dalam laporannya, bahwa kesehatan kerja menjadi salah satu fokus utama kebijakan dan kebutuhan masyarakat ini. Jika selama ini, sebagian besar masyarakat tidak terlalu peduli pada keselamatan kerja, maka melalui inovasi ini terlihat bahwa masyarakat sedikit demi sedikit semakin peduli pada keselamatannya.

Kegiatan ini dibarengi juga dengan penandatanganan MoU antara Puskesmas Moyo Hilir sebagai Penggagas Inovasi dan PT. Corteva Agrisciences Indonesia. Ke depan, PT Corteva diharapkan mampu bersinergi semakin baik seperti saat ini dalam meningkatkan upaya kesehatan masyarakat pekerja, terutama petani.

Perwakilan PT Corteva Bapak Abduhhaki, SP. mengungkap bahwa pihaknya konsen memberikan pencerahan kepada petani agar menggunakan APD dengan tepat sehingga terhindar dari berbagai penyakit dan kecelakaan kerja lainnya. “Pihak kami tidak semata-mata mengejar benefit saja, namun bagaimana memberi kontribusi bagi para petani.”

Bertempat di Dusun Serading, Desa Serading, Kecamatan Moyo Hilir Kepala Puskesmas Moyo Hilir, Abdul Hamid, SE menyebutkan “Post UKK Sahabat Pekerja” merupakan salah satu upaya pengembangan masyarakat yang ada di Puskesmas. Diharapkan mampu memberikan perlindungan kerja bagi pekerja di sektor non formal. Program ini ibaratnya posyandu. Namun diperuntukkan bagi para pekerja, sehingga bagi semua pihak, program ini harus dilaksanakan.” Saat ini di Kecamatan Moyo Hilir sudah terbentuk 18 Pos UKK “, imbuhnya.

Pemotongan Pita dan Pelepasan Balon sebagai tanda launching Pos UKK oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa Abdul Malik, S.Sos.

Diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa, hampir 80 persen masyarakat di Kecamatan Moyo Hilir, kini berprofesi sebagai petani. Pos UKK ini dibentuk dengan anggota mencangkup kelompok nelayan, pedagang, dan pengrajin tradisional. Rencananya, juga akan dibentuk Pos UKK yang beranggota tukang ojek. Dengan harapan para pekerja ini menjadi pekerja yang sehat. Yang mampu menjaga kesehatan dan tahu tentang keselamatan kerja.

Dengan harapan para pekerja ini tidak lagi sembarangan dalam hal bekerja. Yang sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan mereka menurun dan tidak aman, dan membuang uang untuk biaya pengobatan mereka. Misalnya, para petani yang bekerja di sawah atau ladang tidak pernah memperhatikan keselamatan kerja mereka sendiri.

Namun dengan adanya Pos UKK  ini para petani yang bekerja diberikan pemahaman tentang keselamatan kerja, yakni dengan menggunakan alat pelindung diri (APD)  saat bekerja di sawah. Sebab, tidak menutup kemungkinan para petani terpapar pestisida ketika sedang memupuk tanaman, yang tentunya membahayakan petani itu sendiri.

Pada akhir Launching, PT Corteva selaku mitra membagikan ratusan kaos, gantungan kunci, dan doorprize lainnya kepada peserta yang mencapai 500 orang.

Ke depan, program POS UKK SAHABAT PEKERJA ini akan terus ditingkatkan sehingga pada 2020 dapat didaftarkan pada kompetisi Inovasi Daerah, juga dalam jangka panjang mampu memberi daya ungkit dalam peningkatan kualitas kesehatan petani. (Gilang/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *