Kesehatan

446 Petugas Haji Indonesia Bertolak ke Arab Saudi

By  | 

NTB TIMES.COM – Pemerintah kemarin (4/7) memberangkatkan 446 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1440H/2019M menuju Arab Saudi dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Keberangkatan dibagi menjadi 2 kelompok terbang (Kloter) dan akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sebanyak 78 orang petugas asal Kementerian Agama berangkat menuju Jeddah pukul 11.00 WIB melalui Bandara Soekarno Hatta Banten. Menyusul kemudian kloter ke-2 yang akan berangkat pada pukul 16.00 WIB. Kloter ke-2 terdiri atas 367 orang yang berasal dari beberapa instansi seperti Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan TNI/Polri. Kedua kloter akan bertugas pada Daerah Kerja (Daker) Bandara dan Madinah. Sementara keberangkatan PPIH untuk Daker Mekah akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2019.

Sebelumnya, Pada malam pelepasan PPIH Arab Saudi 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (3/7), Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Prof. Nizar Ali, menyampaikan agar petugas memulai dengan memperbaiki niat. Karena niat menjadi pintu awal untuk masuk ke tahap tugas selanjutnya. Niat utamanya ialah bertugas melayani jemaah haji.’Tolong perbaiki niat bapak ibu semua para petugas. Karena niat menjadi titik tolak awal proses selanjutnya,” ucap Nizar pada Rabu (3/7).

Nizar juga mengingatkan bahwa seluruh petugas sudah mendapatkan pembekalan yang cukup untuk mendalami dan memahami tugas fungsinya masing-masing. Sedangkan bagi petugas yang berpengalaman pernah bertugas agar menjadi contoh bagi petugas yang baru.”Pahami tugas pokok masing-masing. Ada transportasi, konsumsi, Linjam (pelindung jemaah) dan sebagainya. Pahami dan laksanakan,” tegasnya lagi.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, turut berpesan kepada PPIH 2019. Selain mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kepada PPIH, Eka juga mengingatkan agar petugas menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan memegang slogan SHARI (Sigap, Handal, Amanah, Responsif dan Inisiatif).”Petugas harus positif dan bertawakal kepada Allah saat melayani jemaah haji,” kata Eka usai memimpin apel pemberangkatan PPIH 2019 pada Kamis (4/7) di Asrama Haji Pondok Gede.

Pemberangkatan PPIH gelombang kedua ini menyusul tim advance yang telah diberangkatkan pada tanggal 1 Juli 2019 lalu. Setibanya di Jeddah, para petugas akan menjalankan umroh terlebih dulu. Selanjutnya para petugas sudah harus bergegas untuk menyambut kedatangan kloter I asal embarkasi SUB (Surabaya) pada tanggal 6 Juli 2019 pukul 10.00 WAS di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

PPIH Bidang Kesehatan terdiri dari 4 tim yaitu tim manajerial, Tim Promotif Preventif (TPP), Tim Gerak Cepat (TGC), dan Tim Kuratif Rehabilitatif (TKR) yang seluruhnya berjumlah 1827 orang.(ARS/R2/Sumber: Kemenkes.go.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *