Daerah

Pencanangan Germas Oleh Dikes Prov NTB Di Kab Sumbawa Barat

By  | 

NTB TIMES.COM – Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Promosi Kesehatan bersama – sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat sosialisasikan Germas di Kabupaten Sumbawa Barat. Sosiailasi ini dilaksanakan dalam rangka mempereingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang jatuh pada tanggal 12 November 2019. Sekaligus peringatan Hari AIDS Sedunia.

Sosialisasi Germas di Kabupaten Sumbawa Barat di pusatkan pada 3 Lokus yaitu Kecmatan Taliwang, Kecamatan Maluk dan Kecamatan Seteluk. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Melalui Germas Pemerintah Daerah Sumbawa Barat mengajak masyarakat untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dengan berolah raga dan memakan buah serta sayur-sayuran, serta meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok.

Kegiatan Sosialisasi Germas di Kabupaten Sumbawa Barat diawali dengan senam bersama dan jalan sehat bersama masyarakat setempat sepanjang 1 kilo. Kehadiran Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin. ST menjadikan warga begitu antusias mengikuti rangkain kegiatan Germas di Lokus Taliwang.

Usai senam bersama dan jalan sehat, masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut di ajak mengkonsumsi aneka buah yang sudah disiapkan panitia, yang di tandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat. Sebanyak 2000 paket buah dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang hadir saat itu.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sumbawa Barat menyampaikan bahwa saat ini Sumbawa Barat merupakan daerah dengan Indexs Pembangunan Kesehatan Manusia (IPKM) tertinggi di Provinsi NTB dan menempati urutan ke – 6 tingkat Nasional. Oleh karena itu apa yang sudah di capai oleh Pemprov Sumbawa Barat saat ini harus tetap dipertahankan dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

Lanjut Syaifuddin menyampaikan rasa aspresiasinya kepada seluruh peserta yang hadir saat itu untuk mendukung sosialisasi Germas di kecamatan Taliwang. Keberhasilan Kabupaten Sumbawa Barat tentunya tidak lepas dari peranan dan kesadaran masyarakat, sehingga di perlukan sosialisasi yang menyeluruh kepada lapisan masyarakat untuk terus membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi NTB Ali Wardana menyampaikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus dapat disosialisasikan dengan baik, tingginya kasus penyakit tidak menular saat ini berkaitan dengan pola hidup masyarakat yang tidak sehat. kebiasaan buruk seperti perokok aktif, aktifitas kurang dan pola makan tidak sehat menjadi penyebab utama tingginya kasus penyakit tidak menular di Indonesia. Oleh karena itu Germas memiliki peranan penting dalam mengatasi hal tersebut.

Dukungan lintas sector dalam hal ini juga sangat diharapkan, ketersedaiaan lahan terbuka hijau area Car Free Day, ketersedaiaan pangan sehat, kawasan bebas asap rokok, gereakan gemar makan ikan dan kebiasaaan mengganti snack rapat dengan menggunakan buah. Jadi pada akhir sambutannya Ali juga menegaskan hidup sehat bukan saja menjadi tangguang jawab dinas kesehatan, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama.(ARS2/Sumber: Dinas Kesehatan Prov NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *