Daerah

Pesona Wisata Pulau Lombok

By  | 

Destinasi wisata di Lombok, NTB

NTB TIMES.COM – Pulau Lombok merupakan pulau terbesar di gugusan kepulauan di Provinsi NTB. Di sini terdapat 5 wilayah administratif pemerintahan: Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, dan Kabupaten Lombok Tengah. Pulau ini hanya berjarak sekitar 5 jam perjalanan dengan menggunakan kapal feri dari Pulau Bali.

Lombok disebut juga Kota Seribu Masjid. Mayoritas penduduk di pulau ini beragama Islam. Masjid sangat mudah ditemukan di sini, jarak antar masjid hampir berdekatan. Perpaduan pariwisata dan agama yang harmonis membuat Lombok memperoleh penghargaan sebagai The Worlds Best Halal dan The Worlds Best Halal Honeymoon 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Lombok disebut dengan Gili. Terdapat 3 Gili yang menjadi favorit wisatawan untuk melakukan aktifitas snorkeling, diving, dan memancing diantaranya Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Tidak hanya ketiga Gili tersebut, Gili lainnya yang berada di gugusan kepulauan ini juga menyimpan pesona yang sungguh indah.

Pulau Lombok menyimpan banyak pesona wisata nan menarik. Mulai dari alam, budaya, hingga keagamaan.

Gili Trawangan adalah salah satu pulau yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini masuk dalam salah satu pulau di Desa Gili Indah yang memiliki keindahan bawah alam laut super indah. Traveling ke Gili Trawangan, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan terumbu karang dan ikannya yang berwarna-warni, tetapi juga fenomena alamnya.

Gili Trawangan memiliki tempat untuk melihat sunset paling cantik, yaitu Pantai Barat Gili Trawangan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat sang surya kembali ke peraduan. Dengan berlatarkan Gunung Agung, langit yang awalnya berwarna biru bersih, perlahan berubah warna menjadi kuning kemerahan.

Salah satu pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut. Danau Segar Anak, danau seluas 1.100 hektare yang berada di puncak Gunung Rinjani adalah tempat favorit bagi para pendaki. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Keindahan danau Segar Anak inilah yang membuat rasa letih selama pendakian seakan terbayar lunas.

Senggigi merupakan wilayah pantai yang menjadi favorit wisatawan. Bersantai dan menikmati panorama alam yang sungguh menawan memang menjadi tujuan para pelancong ke sini. Lokasinya berjarak 10 kilometer dari Kota Mataram. Jika ditempuh dari Bandara Internasional Lombok tempat ini dapat ditempuh selama satu jam.

Kawasan pantai Senggigi sejak tahun 1980 sudah diperkenalkan kepariwisataannya, dan menjadi ikon pariwisata di NTB. Saat ini, puluhan hotel mulai dari kelas bintang 3 sampai 5 memadati kawasan ini dari selatan hingga utara.

Desa ini merupakan desa tradisional Suku Sasak. Deretan rumah-rumah tradisional yang terbuat dari bahan-bahan kuno serta lumbung padi tradisional bisa dilihat di sini. Lokasi desa ini berada di pinggir jalan raya yang mengarah ke Kuta.

Tete Batu adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Sikut, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Salah satu pesona keindahan pemandangan di kaki Gunung Rinjani terdapat di Desa Tete Batu yang memiliki panorama pegunungan dan persawahan yang amat indah. Karena keindahannya, Tete Batu dijadikan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Lombok Timur.

Tete Batu memiliki formasi kontur tanah seperti ngarai memanjang. Pemandangan ngarai yang indah terbentuk dengan persawahan subur nan hijau. Inilah daya tarik Tete Batu yang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong berkunjung ke sana. Untuk mencapai Desa Wisata Tete Batu yang berada di perbukitan ini, ada dua pilihan untuk mencapainya, yaitu dengan menyewa mobil atau menumpang angkutan umum. Naik angkutan umum lebih menantang dan amat disukai para backpackers. Untuk perjalanan dengan angkutan umum yang perlu dilakukan adalah pergi menuju ke terminal bus di Mataram.

Keindahan Pantai Senggigi di Lombok memang sudah mendunia. Tapi, tidak jauh dari pantai ini, ada sebuah pantai yang tidak kalah indah dari ikon Lombok tersebut. Pantai Nipah sebutannya. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru menjadi pemandangan yang akan Anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Nipah.

Letaknya ada di sebelah utara Lombok Barat. Dari Pantai Senggigi, perjalanan menuju Pantai Nipah memerlukan waktu selama 20 menit. Jalan aspal yang mulus dengan pemandangan bukit hijau menjadi teman setia dalam perjalanan menuju Pantai Nipah. Kontur jalan yang berbelok-belok dan naik-turun membuat perjalanan menuju pantai ini menjadi petualangan yang cukup seru.

Memasuki kawasan pantai, Anda akan disajikan pemandangan perahu nelayan yang berderet mengisi tepian pantai. Deburan ombak dan deru angin menjadi alunan alam penyambut kedatangan.

Keindahan Pantai Nipah juga bisa dilihat dari atas. Lekukan garis pantainya yang cantik sangat cocok untuk penggemar fotografi. Dari atas sini, juga menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk mengabadikan kunjungan dengan latar belakang keindahan Pantai Nipah.

Di daratan Lombok ada beberapa akomodasi unik yang bisa anda pilih., Anda bisa berkeliling dengan menyewa sepeda motor atau mobil. Angkutan umum di sana adalah minibus ber-AC yang disebut Bemo. Ini akan membawa Anda ke sebagian besar tempat wisata, tetapi hanya beroperasi pada siang hari.

Ketika malam tiba, ada Ojek, transportasi sepeda motor yang memungkinkan Anda untuk berlatih keterampilan tawar-menawar sebelum naik. Dan yang paling unik adalah Cidomo, yang ditemukan di pantai Senggigi atau Gili. Ini adalah nama panggilan untuk Cikar-Dokar-Motor, Delman khas Lombok ini ditarik dengan kuda yang cukup untuk membawa sekitar 4 orang.(ARS2/Sumber: Nasionaltempo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *