Nasional

Ketua BPK Sebut KPK Pilih ‘Lepaskan’ Kasus Jiwasraya ke Kejaksaan

By  | 

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan safari ke kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di kantor BPK RI, Jakarta

NTB TIMES.COM – Saat disambangi pimpinan KPK, Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengaku turut membeberkan persoalan tentang kasus PT Asuransi Jiwasraya. Kasus itu saat ini ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung).

Awalnya Agung menyinggung soal hubungan BPK dengan KPK yang penuh dinamika. Namun saat ini KPK di bawah pimpinan baru disebutnya akan bersinergi dengan BPK.“Hal yang baru, babak baru hubungan antara BPK dan KPK. Kita sama-sama tahu ada hubungan pasang-surut antara kedua lembaga ini tapi tadi kami sudah memulai hal yang baru. Kita akan bersinergi,” ujar Agung di kantornya, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Lantas, Agung menyampaikan soal sedikit perbincangannya dengan Ketua KPK Firli Bahuri. Salah satu pembicaraan disebut Agung soal kasus Jiwasraya yang sedang hangat.“Memang ada kasus-kasus yang sudah ditangani oleh penegak hukum yang lain, sebagai contoh Jiwasraya. Ini kasus luar biasa besarnya tapi itu sudah ditangani oleh kejaksaan. Saya tadi sempat sampaikan karena case ini kompleks sekali tapi ternyata beliau memilih untuk melepaskan seluruhnya ke kejaksaan,” ucap Agung.

Di tempat yang sama, sebelumnya Firli pun berbicara mengenai kasus itu. Dia mendukung Kejagung mengusut tuntas kasus itu.“Tentu kita akan mendorong pihak-pihak aparat penegak hukum kejaksaan untuk menyelesaikan. Tadi saya dapat informasi dari Ketua BPK bahwa BPK sudah melakukan pendampingan bantuan terkait dengan penghitungan kerugian negara dalam kasus Jiwasraya ini. Saya kira itu, jadi itu di luar, tidak dibicarakan,” kata Firli.

Mengenai kasus Jiwasraya ini, sebelumnya kolega Firli sesama pimpinan KPK, yaitu Nawawi Pomolango, sempat buka-bukaan. Nawawi menyebut kasus itu sebenarnya sudah dilaporkan ke KPK pada April 2019, namun tidak ditangani dengan maksimal.(ARS2/Sumber: Swamedium.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *