Uncategorized

Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Segera Disidang

By  | 

EKs Komisioner KPU Wahyu Setiawan usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK, Jakarta, Kamis (5/3). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

NTB TIMES.COM – KPK telah merampungkan berkas perkara mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Dalam waktu dekat, Wahyu segera disidang dalam kasus dugaan suap Pergantian Antar Waktu (PAW) DPR RI yang menjeratnya.”Hari ini, penyidik melaksanakan tahap II penyerahan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU),” kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri, dalam keterangannya, Rabu (6/4).

Ali menuturkan, kewenangan penahanan Wahyu Setiawan kini berada di tangan JPU. Penahanan Wahyu sudah diperpanjang hingga 25 Mei 2020. Ia tetap ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur.

Selain Wahyu, satu tersangka lainnya yakni eks caleg PDIP Agustiani Tio Fredelina juga dinyatakan lengkap berkas perkaranya. Sama seperti Wahyu, ia juga akan segera disidang. Tio akan ditahan selama 20 hari di Rutan KPK Kavling C1.

Ali menuturkan, berkas perkara keduanya telah rampung usai memeriksa 36 orang saksi. Termasuk di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua KPU Arief Budiman, hingga Anggota DPR RI Riezky Aprilia.

Dalam kasusnya, Wahyu Setiawan diduga menerima suap dari Harun Masiku melalui eks caleg PDIP Saeful Bahri dan Tio. Suap diduga dilakukan agar Harun Masiku ditetapkan sebagai anggota DPR.
Setelah gagal melalui proses penetapan anggota DPR, Harun Masiku diduga masih berupaya melalui mekanisme PAW. Diduga ada suap dalam upayanya tersebut.
Ia diduga menjanjikan Rp 900 juta kepada Wahyu. Uang yang diduga sudah diberikan sebesar Rp 600 juta.
Rinciannya, Rp 200 juta diterima Wahyu melalui Agustiani pada pertengahan Desember 2019. Sementara Rp 400 juta diterima pada akhir Desember 2019.Kasus ini kemudian terungkap dalam OTT KPK. Namun, Harun Masiku masih gagal ditangkap KPK. Ia masih berstatus buronan.(ARS2/Sumber:kumparan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *