HomeIndeks

Danramil 1606-10/Gangga: Babinsa Wajib Berperan Dalam Pendampingan Ketagan Pangan

Lombok Utara, NTB – Dalam mewujudkan ketahanan pangan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Segara dampingi masyarakat binaanya dalam bidang pertanian di Dusun Karang Kendal, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Minggu (27/11/2022).

Salah satu bentuk ketahanan pangan masyarakat di Desa Segara Katon yakni dengan bertani, di antaranya dengan menanam jagung, cabai, kacang, dan padi. Ini semua karena sebagian besar penghasilan masyarakat KLU dari bertani.

Dalam Laporanya Babinsa Serma Masturi menghimbau, “untuk mendapatkan penghasilan tambahan dalam memenuhi kebutuhan keluarga seharai-hari, ketahanan pangan dengan bertani menjadi salah satu cara dalam pertumbuhan ekonomi di masyarakat,” jelasnya.

“ini juga merupakan salah satu program Babinsa tugasnya sebagai aparat teritoral dengan mendampingi masyarakat dalam bidang pertanian, perkebunan, dan sosial kemasyarakatan lainnya,” tegasnya.

Ia menambahkan, “sebagai seorang Babinsa juga kami terus memberikan arahan kepada seluruh masyarakat binaan agar memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam seperti di perkebunan, sawah dan khusunya di rumah dengan menggunakan media polybag,” Tambahnya.

Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 1606-10/Gangga Kapten Inf Muhadi menjelaskan, “selain melaksanakan tugas kemasyarakatan, Babinsa juga wajib berperan dalam pendampingan ketagan pangan dan pertumbuhan ekonomi wilayah binaannya. Seperti yang di lakukan Babinsa Desa Segar Kanton yang mendampingi masyarakat binaan merawat tanam tomat,” tuturnya.

Ia berharap, “kegiatan tersebut dapat menggerakkan masyarakat lainnya dalam memanfaatkan lahan kosong sebagai media bercocok tanam. Mari kita dukung pemerintah dalam program ketahanan pangan guna menghadapi pertumbuhan ekonomi khususnya di Kecamatan Gangga demi masyarakat yang makmur dan sejahtera,” tutup Danramil.

Exit mobile version