Refleksi Akhir Tahun 2022, Pemuda Minta Kawasan Moderasi dan Masyarakat Informasi Diperkuat

Kepala Bidang Informasi dan komunikasi Lombok Barat paparkan refleksi akhir tahun 2022
Kepala Bidang Informasi dan komunikasi Lombok Barat paparkan refleksi akhir tahun 2022

 

 

 

 

Lombok Barat, NTB – Berbagai kegiatan mereka lakukan masyarakat menjelang tutup tahun 2022. Salah satunya adalah refleksi akhir tahun 2022. Kegiatan yang diinisiasi oleh Karang Taruna Gerbang Sasak Lembar ini, yang terlaksanakan di Bale Kebon Al Abror Jakem, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu, 31 Desember 2022.

 

Hadir dalam kegiatan ini Camat Lembar Agus Sutrisman, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Lombok Barat Arief Rachman, Dosen UIN Mataram Agus Dedi Putrawan, Tokoh Pemuda Faozan, Amri Frihatin, Bohri Rahman, Hilman, Muhayadi, Perwakilan Sopir Truk Lembar, Tokoh Masyatakat, Komunitas Youtuber Lombok Barat, Kelompok Informasi Masyarakat dan Pengurus Karang Taruna Gerbang Sasak.

 

Dalam sambutannya Camat Lembar Agus Sutrisman, M. Kes mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai hal di tahun 2022. Dengan kolaborasi dengan berbagai pihak berbagai kegiatan telah mereka lakukan di tahun 2022 ini. Ia berharap di tahun 2023 pihaknya bersama berbagai pihak dapat melaksanakan berbagai harapan yang telah  dalam refleksi akhir tahun 2022 ini.

 

“Tentu kita memiliki tujuan yang sama yaitu untuk kemajuan dan kesejahteraan. Berbagai harapan rekan rekan telah kami catat dan semoga kita dapat mewujudkannya dengan kerjasama dan kerjakeras” ujarnya.

 

Sementara itu Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Lombok Barat, Arief Rachman, S.IP menyampaikan bahwa tahun 2022 Lombok Barat telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan.

 

Salah satunya dalam bidnah Informasi dan Komunikasi yaitu Juara 1 dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik dan mengantarakan Desa Senggigi menjadi satu satunya Desa di NTB yang memperoleh Katagori Informatif atau juara 1.

 

Hal ini menurutnya merupakan kerjasama dan kolaborasi berbagai pihak. Dalam kesempatan ini Arief juga mengatakan Diskominfotik terus menguatkan konsulidasi dan komunikasi untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat di semua Desa di Lombok Barat.

 

Hal ini penting untuk membentuk Ekosistem Digital dan Informasi sebagai embrio dalam mewujudkan Lombok Barat News Network. Ia berharap tahun 2023 KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat dapat terbentuk di 119 Desa.

 

“Tentu kita membutuhkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak KYLB, Karang Taruna dan komunitas lainnya yang genem dibidang informasi dan komunikasi untuk membentuk KIM”ujarnya.

 

Pemuda Minta Kawasan Moderasi dan Masyarakat Informasi Diperkuat

 

Tokoh Pemuda Faozal mengatakan bahwa kegiatan refleksi ini menjadi penting agar kita dapat melalukan evaluasi terhadap berbagai langkah dan capaian yang telah dilakukan di tahun 2022.

 

Ia mengatakan hasil evaluasi tersebut menjadj masukan dalam melangkah menuju tahun 2023. Ia mengatakan bahwa Gerbang Sasak telah melakukan berbagai langkah, upaya dan terobosan dalam memajukan wilayah Lembar dan Lombok Barat.

 

Ia berharap agar tahun 2023 nanti Pemuda dan Gerbang Sasak dapat mengawal berbagai program pembangunan untuk kemajuan daerah.

 

“Para pemuda dan gerbang sasak sejak lama terus berupaya menghidupkan wacana dan pemikiran serta ide untuk kemajuan daerah. Hal ini tentu menjadi penting karena pemuda adalah agen perubahan dan tentu harus terus mengawal dan melaksanakan pembangunan untuk kemajuan daerah”ujarnya.

 

Sementara itu Dosen UIN Mataram yang yang juga Sekjen Karang Taruna Gerbang Sasak Agus Dedi Putrawan mengatakan bahwa berbagai langkah di tahun 2022 menjadi bahan kita untuk melangkah di tahun 2023.

 

Hal yang penting dan menjadi catatan yang perlu kita wujudkan di tahun 2023 adalah Pembentukan bale Mediasi, Penguatan Karang Taruna, Perlunya sosialisasi kawasan moderasi yang lebih masif, Pembentukan Kawasan Industri Hasil Tembakau dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat melalui kolaborasi dengan Karang Taruna.

 

“Hal hal tersebut menjadi penting dengan harapan kita dapat mewujudkannya di tahun 2023. Hal ini perlu kita dorong bersama untuk kemajuan Daerah”ujarnya.

 

Kegiatan diskusk refleksi akhir tahun ini dimoderatori oleh Amri. Diskusi berjalan dengan sangat apik dan mengalir. Semua peserta menyampaikan harapannya di tahun 2023.

 

Beberapa hal yang menjadi catatan dan harapan antara lain terkait dengan Bale Mediasi, Sosialisasi Kawasan Moderasi, merintis Kawasan Industri Hasil Tembakau, Memperkuat Kelompok Informasi masyarakat, Mewujudkan masyarakat Informasi dan berbagai hal terkait dengan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *