Berita

Personil Polsek Sekotong Kerja Sama dengan Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat untuk Mencegah Karhutla

×

Personil Polsek Sekotong Kerja Sama dengan Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat untuk Mencegah Karhutla

Sebarkan artikel ini
Polsek Sekotong Gencar Sosialisasikan Pencegahan Karhutla di Perbukitan

Sekotong, Lombok Barat – Untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), personil Polsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, telah menyosialisasikan dan menghimbau warga masyarakat penggarap lahan di beberapa wilayah perbukitan, Senin (14/8/2023). Kawasan perbukitan yang menjadi sasaran sosialisasi ini meliputi Desa Pelangan, Desa Sekotong Barat, Desa Kedaro, dan Desa Taman Baru.

“Kami melakukan sosialisasi dengan cara memasang spanduk himbauan di titik-titik rawan Karhutla, sambil secara langsung memberikan informasi kepada warga setempat. Kami juga menjalin koordinasi dengan pemerintah tingkat desa dan tokoh masyarakat untuk membangun komunikasi dan kerja sama yang baik guna menjaga keselamatan dan kelestarian lingkungan,” ujar Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH.

Menurut Kapolsek, kawasan perbukitan di daerah ini memiliki risiko tinggi terjadinya kebakaran akibat pembukaan lahan dengan metode membakar. Hal ini sangat berbahaya, terutama di musim kemarau. “Kebakaran hutan dan lahan bukan hanya merusak lingkungan, tetapi juga berpotensi menyebabkan kerugian materiil dan bahkan ancaman terhadap nyawa manusia,” tegasnya.

Selain memasang spanduk himbauan, para Bhabinkamtibmas Polsek Sekotong juga melaksanakan kegiatan Sambang Warga dengan pendekatan door-to-door (DDS) kepada warga yang tengah menggarap lahan di perbukitan. Mereka memberikan edukasi tentang pentingnya menghindari metode membakar dalam membuka lahan, serta cara-cara antisipasi dan pencegahan Karhutla.

Hasil dari kegiatan sosialisasi ini terlihat dalam tersosialisasikannya larangan pembakaran hutan dan lahan kepada warga. Melalui spanduk-spanduk himbauan yang terpasang di titik-titik rawan, serta dukungan dari pemerintah desa, pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah Karhutla semakin terpatri dalam kesadaran masyarakat. Selain itu, upaya Bhabinkamtibmas dalam memberikan edukasi kepada penggarap lahan di perbukitan juga terbukti berhasil meningkatkan pemahaman mereka tentang antisipasi dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *