Berita

Mencegah TPPO, Polsek Kediri Berikan Edukasi dan Himbauan kepada Masyarakat Desa Lelede

×

Mencegah TPPO, Polsek Kediri Berikan Edukasi dan Himbauan kepada Masyarakat Desa Lelede

Sebarkan artikel ini
Polsek Kediri Sosialisasikan TPPO kepada Masyarakat Desa Lelede

Kediri, Lombok Barat – Polsek Kediri, Polres Lombok BaratPolda NTB, melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kepada masyarakat Desa LeledeKecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, pada Senin (25/9/2023) pukul 10.30 Wita s/d 12.00 Wita.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Kapolsek Kediri, Iptu Dina Rizkiana, S.Tr.K, melalui Aipda Edy Satriawan, S.H (PS. Kanit Reskrim).

Dalam sosialisasinya, Kapolsek Kediri menjelaskan tentang UU No. 21 Tahun 2007 tentang TPPO yang mengatur tentang larangan dan ancaman hukuman bagi pelaku perdagangan orang. Ia juga memberikan pamflet yang berisi informasi tentang mekanisme yang sah jika bekerja ke luar negeri sebagai pekerja migran Indonesia.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan janji-janji manis dari calo atau agen yang menawarkan pekerjaan di luar negeri dengan proses yang cepat dan murah. Hal ini berpotensi menjadikan Anda sebagai korban TPPO yang akan dieksploitasi secara fisik, seksual, atau ekonomi oleh para pelaku,” ujar Iptu Dina.

Ia menambahkan, jika masyarakat ingin bekerja di luar negeri sebagai pekerja migran Indonesia, maka harus melalui jalur resmi pemerintah dengan mekanisme yang diberikan pemerintah melalui Lembaga Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LPPTKI) dan Pusat Penempatan dan Perlindungan Migran Indonesia (P3MI).

“Apabila ada masyarakat yang merasa ada keluarganya sebagai korban TPPO, baik di dalam maupun di luar negeri, agar segera melaporkannya melalui Hotline Satgas TPPO Polda NTB di nomor 0811-3883-0666. Kami akan segera menindaklanjuti laporan tersebut dan memberikan perlindungan hukum kepada korban,” tutur Iptu Dina.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Desa Lelede yang hadir dalam acara tersebut. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Polsek Kediri yang telah memberikan edukasi dan himbauan tentang TPPO.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek Kediri yang telah memberikan sosialisasi tentang TPPO. Kami menjadi lebih paham dan waspada tentang bahaya TPPO dan cara mencegahnya. Kami juga berharap agar Polsek Kediri terus melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat,” ucap salah satu warga Desa Lelede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *