Berita

Karya Bakti Penanaman Pohon Dalam Rangka Hari Juang TNI AD di Lombok Barat

×

Karya Bakti Penanaman Pohon Dalam Rangka Hari Juang TNI AD di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78, Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram bersama dengan instansi terkait dan masyarakat melaksanakan karya bakti penanaman pohon di Balai Tahura Nuraksa Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., Kepala Staf Kodim (Kasdim) Letkol 1606/Mataram Letkol Inf Supriadi S.H., M.M., Kapolsek Narmada Kompol I Kadek Matria S.Sos., S.H., M.H., Kadis LHK Lobar, Camat Narmada, Kepala Balai Tahura Nuraksa Oman Sumantri, dan diikuti oleh TNI-Polri, Kader Linmas, Warga, Siswa SMK Kehutanan, dan Mahasiswa Unram.

Dalam sambutannya, Danrem 162/WB mengatakan “bahwa karya bakti penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI kepada rakyat dan negara, sekaligus sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana. Ia juga mengapresiasi kerjasama dan partisipasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Kita harus bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berbuat baik bagi lingkungan kita. Penanaman pohon ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi harus diikuti dengan perawatan dan pemeliharaan agar pohon-pohon ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, kita bisa menikmati manfaatnya, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun ekologi,” ujar Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han.,.

Sementara itu, Kepala Balai Tahura Nuraksa Oman Sumantri, menyampaikan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan karya bakti penanaman pohon ini. Ia menjelaskan bahwa Balai Tahura Nuraksa memiliki luas sekitar 3.155 hektar, yang sebagian besar merupakan hutan lindung dan hutan produksi. Ia berharap, dengan adanya penanaman pohon ini, dapat meningkatkan fungsi dan kualitas hutan, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan memperbaiki kondisi hutan kita yang sudah mengalami kerusakan akibat berbagai faktor, seperti pembalakan liar, kebakaran, perambahan, dan lain-lain. Kami berharap, dengan adanya penanaman pohon ini, dapat meningkatkan fungsi dan kualitas hutan, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar, baik dari segi kesehatan, pariwisata, maupun pendapatan,” kata Oman Sumantri.

Kasdim 1606/Mataram Letkol Inf Supriadi, S.H., M.M., menjelaskan, “Adapun jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan ini adalah pohon trembesi, mahoni, sengon, dan nangka, dengan jumlah sekitar 5.000 batang. Pohon-pohon ini diharapkan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *