Berita

Kolaborasi TNI, PT. Air Minum Giri Menang dan DLHK NTB Bersatu untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Terenggaluh

×

Kolaborasi TNI, PT. Air Minum Giri Menang dan DLHK NTB Bersatu untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Terenggaluh

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram, Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., aktif berpartisipasi dalam kegiatan penanaman bibit tanaman produktif dalam kerjasama rehabilitasi hutan dan lahan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Terenggaluh, Desa Batu Mekar, Lingsar, Lombok Barat, NTB, Rabu (27/12/2023).

Dalam mendukung pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem, Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram secara sukarela turut serta dalam kegiatan penanaman bibit tanaman produktif. Ini bukti komitmen TNI Angkatan Darat dalam mendukung program-program lingkungan hidup demi keberlanjutan alam.
Kegiatan ini melibatkan tidak hanya anggota TNI dari Kodim 1606/Mataram, tetapi juga melibatkan, Staf dan Pegawai DLHK NTB, PT. Air Minum Giri Menang (Persero), masyarakat setempat dan berbagai pihak terkait. Pada kesempatan tersebut Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos. M.Han. menyampaikan pentingnya kerjasama antara TNI dan pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan.
“Kegiatan ini bukti aksi nyata TNI AD dalam mendukung program rehabilitasi hutan dan lahan. Kegiatan penanaman bibit tanaman produktif ini adalah salah satu langkah kita untuk melestarikan alam dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup,” ujar Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han.
Dalam kegiatan tersebut, sekitar 1.000 bibit tanaman produktif seperti pohon buah-buahan, dan tanaman lokal lainnya ditanam di lahan yang telah disiapkan, dengan harapan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan sekitar.
Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos. M.Han. juga menambahkan, “Kegiatan penanaman bibit tanaman produktif ini juga menjadi ajang silaturahmi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat,” tambah Dandim 1606/Mataram.
Kepala DLHK NTB, Julmansyah, S.Hut., M.AP., berharap, “kerjasama yang strategis di pulau lombok ini antara dinas LHK, TNI dan PT. Air Minum Giri Menang dapat terjalin dengan baik sehingga dapat terus berkolaborasi untuk melakukan penanaman dan menjaga hutan sehingga air yang tersedia bisa di manfaatkan dengan baik serta udara yang kita hirup pun baik untuk Kesehatan,” harapnya.
Direktur PT. Air Minum Giri Menang, Lalu Ahmad Zaeni, menuturkan, “dalam mewujudkan kelestarian lingkungan yang berdampak terhadap air yang kita gunakan, dalam kegiataan ini bermakna semakin banyak kita menanam pohon maka semakin kecil kemungkinan adanya banjir disaat musim hujan, dimana akar akar pohon tersebut bisa menyerap air hujan dan sungai sungai pun tidak terlalu meluap/banjir.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *