Berita

Babinsa dan Petugas Pemadam Kebakaran Cepat Tangani Kebakaran Hutan di PT. ASANO, Lombok Utara

×

Babinsa dan Petugas Pemadam Kebakaran Cepat Tangani Kebakaran Hutan di PT. ASANO, Lombok Utara

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Rempek, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga laksanakan pemantauan dan pendampingan petugas pemadam kebakaran dalam upaya mengatasi kebakaran hutan yang terjadi di area PT. ASANO di Dusun Gelumpang Sanyar, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (28/8/2023).

Dalam laporannya, Serda Mardan Babinsa Rempek, menjelaskan, “Peristiwa kebakaran lahan diperkirakan terjadi Pukul 15.20 WITA yang disebabkan oleh aksi sembrono seorang warga yang melintasi daerah tersebut dan dengan tidak bertanggung jawab membuang puntung rokok ke area rumput kering. Kondisi ini semakin diperburuk oleh hembusan angin yang kencang pada saat itu,” jelasnya.

Dalam situasi tersebut, berkat kewaspadaan warga sekitar, kebakaran segera dilaporkan dan mendapat respons cepat dari petugas pemadam kebakaran KLU.

“Langkah-langkah taktis yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran mampu mengendalikan api dan mencegah penyebarannya ke area yang lebih luas.
Meskipun peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materil yang signifikan, namun luas lahan yang terdampak mencapai 100 meter persegi,” Tegasnya.

Salah seorang warga, mengungkapkan, “Kami mengapresiasi kerja sama Babinsa dan respons cepat dari pihak petugas pemadam kebakaran dalam menangani insiden ini,” ucapnya.

Serda Mardan berharap, “Dalam mengantisipasi dan mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang, kami mengingatkan kepada seluruh warga untuk tetap berhati-hati dan bertanggung jawab dalam membuang puntung rokok serta menghindari tindakan membakar sampah sembarangan yang dapat membahayakan lingkungan dan hutan di sekitar kita,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *