Persiapan Pertahanan Teritorial: Kodim 1606 Mataram Gelar Kegiatan Penyusunan Data Tahwil Tahun 2023

Mataram, NTB – Komando Distrik Milier (Kodim) 1606 Mataram gelar kegiatan penyusunan data Ketahanan Wilayah (Tahwil) Geografis, Demo, dan Komunikasi Sosial (Komsos) tahun 2023 di Aula Kodim 1606/Mataram, Jl. Pejangik No. 7, Kota Mataram, yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial dan dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani S.Sos, M.Han., dengan mengambil tema “Antisipasi Data Ketahanan Kewilayahan.,” Jum’at (8/9/2023).

Kegiatan juga dihadiri oleh Pasiter Kodim 1606/Mataram Kapten Inf A.A. Gede Rai Budiana, Kaur Bakti TNI Lettu Inf Ahmad Tauqid, dan perwakilan Bati Tuud dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari masing-masing Komando Rayon Militer (Koramil) jajaran Kodim 1606/Mataram.
Dalam sambutannya, Dandim 1606/Mataram mengungkapkan, “Pertahanan Negara bagi suatu bangsa yang berdaulat merupakan suatu cara untuk menjaga, melindungi, dan mempertahankan keutuhan persatuan dan kesatuan, serta kedaulatan bangsa terhadap segala bentuk ancaman.” ucapnya.

Ia juga menekankan, “Indonesia memiliki cara sendiri untuk membangun sistem pertahanan negaranya yang bersifat semesta dan melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional. Pentingnya kegiatan ini sebagai salah satu program TNI-AD di bidang teritorial yang berkaitan dengan kondisi wilayah binaan Kodim 1606/Mataram sebagai alat pertahanan negara yang Tangguh,” Tegas Dandim 1606 Mataram.

Dadim 1606 Mataram juga Menambahkan, “Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat oleh TNI AD dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan teritorial. Untuk mencapai tujuan dan sasaran pembinaan teritorial yang diharapkan, maka diperlukan data teritorial berisi tentang data Ketahanan Wilayah (Tahwil) yang valid dan selalu terbarukan. Oleh karena itu, Satkowil TNI AD sebagai unsur satuan pelaksana pembinaan teritorial perlu melaksanakan kegiatan menghimpun dan menyusun data Tahwil,” Tutup Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani S.Sos, M.Han.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *