Berita

Kapolsek Gerung Imbau Masyarakat Waspada Karhutla

×

Kapolsek Gerung Imbau Masyarakat Waspada Karhutla

Sebarkan artikel ini
Polsek Gerung Sosialisasi dan Himbauan Pencegahan Karhutla

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung menggelar sosialisasi dan himbauan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lingkungan Tanjung Gunung, Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Senin (9/10/2023).

Kegiatan ini melibatkan personel Polsek Gerung, Kepala Lingkungan (Kaling) Tanjung Gunung H. Yusuf Adnan, warga pemilik lahan, dan masyarakat Lingkungan Tanjung Gunung.

Kapolsek Gerung, Iptu I Kadek Sumerta, SH, menyampaikan bahwa karhutla merupakan salah satu bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian materiil dan nonmateriil. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan agar karhutla tidak terjadi.

“Kegiatan sosialisasi karhutla ini merupakan bagian dari upaya pengendalian dan pencegahan terjadinya karhutla,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Ia juga menyampaikan bahwa karhutla penyebebnya bisa terjadi oleh berbagai faktor, antara lain kelalaian manusia, cuaca ekstrem, dan faktor alam lainnya. Oleh karena itu, perlu melakukan upaya pencegahan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat.

“Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk waspada dan melakukan pencegahan dini saat memasuki musim kemarau,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar hutan maupun lahan sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran yang meluas dan menimbulkan kerugian yang besar.

“Apabila mendapati warga yang membakar hutan maupun lahan sembarangan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Upaya Pencegahan Karhutla

Menurutnya, berikut adalah beberapa upaya pencegahan karhutla yang dapat dilakukan oleh masyarakat:

  • Tidak membakar hutan maupun lahan sembarangan.
  • Melakukan pemantauan terhadap lahan yang berpotensi terbakar.
  • Memiliki alat pemadam api ringan (APAR) atau alat pemadam api sederhana lainnya.
  • Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla.

Kegiatan sosialisasi dan himbauan pencegahan karhutla dari Polsek Gerung ini, merupakan upaya yang positif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, harapannya dapat mencegah terjadinya karhutla di wilayah Lombok Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *