Berita

Polres Lombok Barat Siaga Jelang Pemilu 2024, Gelar Patroli Siber dan Apel Kesiapan Pengamanan

×

Polres Lombok Barat Siaga Jelang Pemilu 2024, Gelar Patroli Siber dan Apel Kesiapan Pengamanan

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Siaga Cegah Kejahatan Siber dan Tindak Pidana Lain Jelang Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok BaratPolda NTB, menggelar rangkaian kegiatan Satgas Gakkum Operasi Mantap Brata Rinjani 2023 pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan menindak kejahatan siber dan tindak pidana lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2024.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lombok Barat,” kata Kasat Reskrim Polres Lombok Barat, AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K., selaku Kasatgas Gakkum, Minggu (29/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melakukan patroli siber di media sosial dan media online untuk melihat isu yang berkembang terkait pemilu.

Petugas juga mengumpulkan data dan informasi serta mengolahnya untuk mencegah dan penegakan hukum cyber crime pelaksanaan pemilu.

Selain itu, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat juga melakukan profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan Cyber terkait pelaksanaan pemilu.

Petugas juga melakukan analisa terhadap data/cript/sistem IT terkait pengamanan dan pelaksanaan pemilu guna menciptakan harkambtibmas yang kondusif dalam rangka tahap pendaftaran Capres dan Cawapres RI di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Satgas Gakkum Polres Lombok Barat juga melaksanakan giat penyidikan berupa monitoring kejahatan (Computer Related Crime) yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2023-2024 dalam tahap pendaftaran Capres/Cawapres RI.

Petugas juga melakukan penindakan kejahatan siber (Computer Crime) seperti: peretasan sistem elektronik (Hacking), intersepsi ilegal, pengubahan tampilan situs web, gangguan sistem (system interference), manipulasi data terkait pengamanan dan pelaksaan Pemilu.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat bersinergi dengan stakeholder lain, seperti BINDA, Dinas Kominfo, dan Apji.

Subsatgas Pidum

Selain Satgas Siber, Polres Lombok Barat juga menggelar apel kesiapan pengamanan oleh Subsatgas Pidum. Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi menjelang pemilu 2024.

Dalam apel tersebut, Kasat Reskrim Polres Lombok Barat menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh personel, antara lain:

Polres Lombok Barat berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pemilu 2024. Polres Lombok Barat akan terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan menindak kejahatan siber dan tindak pidana lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *