Bali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBreaking NewsLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Babinsa Koramil 1606-04/Gerung Bantu Warga Dusun Mesangguk Mengatasi Ancaman Banjir

×

Babinsa Koramil 1606-04/Gerung Bantu Warga Dusun Mesangguk Mengatasi Ancaman Banjir

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Mesangguk, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung bantu warag yang sedang melaksakanan proyek pembangunan irigasi pertanian dan jalan tani baru di Dusun Pelepok, Desa Mesangguk, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Proyek ini menggunakan anggaran dari Anggaran Dana Desa (ADD) Mesangguk tahun 2023.

Proyek ini meliputi pemasangan batu bronjong sepanjang 260meter dan pelebaran jalan 4 meter di sepanjang aliran sungai yang mengairi lahan pertanian masyarakat Dusun Pelepok. Batu bronjong berfungsi sebagai pengaman sungai dari abrasi, meluapnya debit air, dan banjir yang dapat merusak tanaman.

Babinsa Mesangguk, Serda Sayip yang memonitor proyek ini mengatakan, proyek ini dilaksanakan sesuai anggaran ADD dan jadwal yang telah ditetapkan. Ia juga berharap proyek ini dapat meningkatkan kualitas irigasi pertanian dan memfasilitasi masyarakat Pelepok dalam aktivitas pertanian mereka.

“Proyek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pertanian dan aksesibilitas jalan tani di wilayah tersebut.” Ujarnya, Rabu (31/1/2024).

Kepala Dusun (Kadus) Pelepok bapak Zarlan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa, dan semua pihak yang telah ikut membantu masyarakat memasang bronjong dan berkontribusi dalam kelancaran pelaksanaan proyek ini. Ia mengatakan bahwa proyek ini telah meringankan beban masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kegiatan pemasangan bronjong ini setidaknya telah meringankan beban masyarakat, bronjong yang dipasang akan bisa menahan abrasi sungai sehingga daya tahan akan kuat apabila terjadi banjir ataupun arus yang deras.” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *