Jaga Ketahanan Pangan Warga Binaan, Babinsa Pagutan Barat Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Mataram, NTB – Awal Tahun 2023 harga kebutuhan pokok di beberapa wilayah mengalami peningkatan, terlebih kebutuhan pokok seperti beras yang naik sangat signifikan. Menindak lanjuti hal tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-05/Mataram lakukan pengecekan di Pasar Traditional Pagutan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum’at (29/1/2023).

Dalam laporannya, Babinsa Pagutan Barat Serka Lutfhi menjelaskan, “untuk menjaga ketahan pangan di wilayah binaan, kami harus mengetahui harga kebutuhan pokok untuk masyarakat binaan. Untuk itu, mengunjungi pasar traditional dan menanyakan langsung kepada pedagang adalah cara yang paling efektif,” jelasnya.

“benar saja, beberapa kebutuhan pokok naik setelah menanyakan ke beberapa pedagang yang ada di pasar tersebut. Beras menjadi salah satu kebutuhan pokok yang naik hingga Rp1.000/Kg,” terangnya.

Ia menambahkan, “mengetahui harga kebutuhan pokok menjadi salah satu atensi tugas sebagai seorang Babinsa, agar dapat mengantisipasi dampak kenaikan harga sehingga dapat di lakukan tindak lanjut dalam mengambil langkah selanjutnya,” tambahnya.

Nasir salah seorang pedagang kebutuhan pokok di pasar tersebut membenarkan, “Harga beras medium (IR.III/ IR 64) naik Rp40 jadi Rp10.270/Kg, beras IR.II (Ramos) naik Rp37 jadi Rp11.100/Kg, beras IR.I naik Rp12 jadi Rp11.889/Kg, beras Muncul.I naik Rp19 jadi Rp12.783/Kg, dan beras Pera (IR.42) naik Rp109 jadi Rp12.997/Kg,” tuturnya.

“hal ini di sebabkan oleh musim paceklik, di mana petani lokal baru memsauki musim tanam sehingga stok beras yang ada di pasar nggak banyak,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *