Berita

Terpenuhinya Kebutuhan Air Untuk Rumah Tangga, Babinsa Buwun Sejati Bersama Masyarakat Lakukan Pemasangan Pipa Untuk Saluran Air Pertanian

×

Terpenuhinya Kebutuhan Air Untuk Rumah Tangga, Babinsa Buwun Sejati Bersama Masyarakat Lakukan Pemasangan Pipa Untuk Saluran Air Pertanian

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Pemanfaatan aliran air dari pompa hidram tal hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Aliran air pompa hidram juga di manfaatkan sebagai sumber pengairan lahan pertanian di Dusun Karang mejeti, Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada.

Untuk itu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Buwun Sejati Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada bersama masyarakat petani wilayah tersebut melaksanakan pemasangan pipa air untuk saluran pertanian dalam membackup aliran irigasi yang masih banyak di bagi oleh beberapa petani lainnya.

Dalam laporannya, Babinsa Buwun Sejati Serda Burhanudin mengungkapkan, “setelah di resmikan oleh Komandan Koramil (Danramil) 1606-08/Narmada beberapa waktu lalu, program pompa hidram yang ada di Dusun Karang Majeti ini, selain di gunakaan untuk kebutuhan rumah tangga, masyarakat juga memanfaatkannya sebagai sumber pengairan lahan pertaniannya,” jelasnya, Rabu (1/2/2023).

“kita ketahui bersama wilayah Koramil 1606-08/Narmada merupakan daerah air, namun wilayah Karang Mejeti yang berada di dataran lebih tinggi ini masih menampung air untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Ia menambahkan, “mengetahui pasokan air dari pompa hidram lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, masyarakat berinisiatif untuk memenuhi kebutuhan sumber air lahan pertanian mereka,” tambahnya.

“maka dari itu, kami bersama masyarakat melaksanakan gotong royong pemasangan pipa air untuk saluran pertanian sehingga masyarakat yang memiliki lahan pertanian di dataran tinggi bisa terpenuhi,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *